Kisah Banjarnegara Dari Masa Ke Masa Wajib Kalian Ketahui

Kisah Banjarnegara
grup band keroncong yang menghibur pengunjung di Festival Kota Lama (Feskola) Purworejo Klampok, Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (29/4/2018). Source : kompas.com

Kisah BanjarnegaraMuatan Lokal, Banjarnegara adalah salah satu kabupaten pada Provinsi Jawa Tengah. Lebih dari 20 persen wilayah kabupaten ini berada di atas 1.000 meter di atas permukaan laut. Hal ini membuat banyak orang yang tinggal di daerah pegunungan.

Perkembangan wilayah Banjarnegara saat ini tidak lepas dari sejarah masa lalu. Peradaban di tempat ini bahkan sudah dikenal pada abad 1-10 Masehi, tak lain adalah Kompleks Candi Dieng yang merupakan bagian dari kawasan tersebut.

Bacaan Lainnya

Lantas bagaimana Kisah Banjarnegara dari masa ke masa?

Yuk simak berikut:

Sejarah Agraria Di Dieng

Ketika kekuasaan Kerajaan Mataram Hindu memerintah di Dieng, sebagian besar wilayahnya merupakan tanah perdikan dimana warganya dibebaskan dari kewajiban membayar pajak. Pada masa penjajahan Belanda, pemerintah pada waktu itu kembali mengakuisisi tanah-tanah tersebut. Hal ini agar situs sejarah di tempat itu tidak dirusak oleh warga.

Pada masa Soeharto, tepatnya tahun 1970-an, penduduk yang sebagian besar pendatang dari bawah Dieng, diberikan sertifikat tanah untuk memperluas kebun pertanian dan membangun pemukiman. Hal ini bertujuan untuk mendukung sebuah program pariwisata dan pertumbuhan pertanian di sana.

Pada 1980-an, Asylum for Historical and Archaeological Heritage mencatat kembali aset tanah dan situs milik pemerintah setelah era kolonial Belanda. Ternyata banyak sekali tanah yang dimiliki oleh perorangan. Jadi, mau tidak mau, Suaka Peninggalan Sejarah dan Arkeologi membeli sebagian tanah di situs tersebut.

Kampung Belanda Di Banjarnegara

Sebelumnya Desa Klampok salah satu desa di Kecamatan Purwareja Klampok merupakan desa Belanda pada masa penjajahan. Mereka sudah lama tinggal di sana, orang Belanda berbaur dengan penduduk setempat. Sore harinya mereka juga bermain sepak bola dengan warga sekitar dan disaksikan warga sekitar.

Hingga saat ini, bekas kediaman orang Belanda masih bisa ditemukan. Bahkan ada kantor pos yang pernah digunakan pada zaman Belanda, namun fungsinya tidak berubah sampai sekarang.

Inspeksi Bangunan Di Karangkobar

Terletak di daerah pegunungan, banyak daerah di Banjarnegara yang cocok untuk menanam kopi. Di kawasan Karangkobar terdapat gudang tempat penyimpanan hasil panen kopi. Tempat tersebut merupakan pusat penyimpanan kopi dari daerah sekitarnya seperti Kalibening, Pagentan, dan Pejawaran.

Kesimpulan

Demikian ulasan tentang kisah Banjarnegara dari masa ke masa yang wajib kalian ketahui versi Banjarnegaraterkini.id semoga bermanfaat.

Pos terkait