Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Banjarnegara

Oleh-oleh khas banjarnegara
Carica salah satu oleh-oleh khas Banjarnegara yang perlu anda coba.

Oleh-Oleh Khas BanjarnegaraBANJARNEGARA merupakan salah satu daerah yang memiliki pesona wisata alam yang menarik. Beberapa wilayahnya merupakan dataran tinggi yang sering dijadikan tujuan wisata bagi orang-orang untuk menghabiskan waktu liburan. Pemandangan yang indah dan suasana yang sejuk menarik wisatawan untuk datang.

Daerah dataran tinggi di Kabupaten Banjarnegara juga merupakan daerah yang dimanfaatkan untuk pertanian. Daerah ini juga terkenal dengan berbagai produk pertanian berkualitas seperti kentang, kopi, dan sayuran. Komoditas pertanian yang paling terkenal dengan kualitas unggul dari Banjarnegara adalah kopi arabika.

Bacaan Lainnya

Produk kopi juga banyak dicari untuk dijadikan Oleh-Oleh Khas Banjarnegara. Selain kopi, masih banyak oleh-oleh khas dari daerah ini seperti olahan buah carica, olahan buah salak, dan lain-lain. Ulasan oleh-oleh khas Banjarnegara berikut ini bisa menjadi rekomendasi pilihan oleh-oleh saat Anda berkunjung ke daerah ini.

Jenang Salak

Dodol atau salak jenang adalah kuliner olahan dari buah salak asli Banjarnegara. Proses pembuatannya pun cukup sederhana dan tidak jauh berbeda dengan cara membuat dodol biasa. Olahan salak sering dicari oleh wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Banjarnegara.

Harga jenak salak di pasar atau di toko oleh-oleh relatif murah. Dari segi rasa, jenang tradisional dari Banjarnegara ini sangat enak dan unik. Jenang salak memiliki rasa yang lebih manis dengan aroma yang harum. Jenang atau dodol salak sangat legit dan cocok untuk camilan bersama secangkir teh atau kopi.

Keripik Kentang

Dataran tinggi di Kabupaten Banjarnegara dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kentang. Hasil pertanian dari daerah ini memiliki kualitas yang baik dengan ukuran yang cukup besar dibandingkan dengan kentang di daerah lain.

Biasanya kentang banyak dibeli untuk dijadikan oleh-oleh khas Banjarnegara. Kentang juga diolah menjadi makanan ringan seperti keripik. Jika Anda berkunjung ke Banjarnegara, Anda akan menemukan keripik kentang kuning dan keripik kentang putih. Produk-produk ini biasanya dibuat oleh masyarakat lokal atau oleh industri rumahan.

Carica

Carica adalah jenis buah pepaya yang hanya tumbuh di dataran tinggi. Pepaya gunung banyak ditemukan di Banjarnegara. Carica memiliki ukuran yang lebih kecil dari buah pepaya pada umumnya. Buah ini dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi makanan ringan.

Olahan buah carica dapat dibuat menjadi manisan, keripik, atau sirup. Produk olahan ini banyak dijumpai sebagai produksi usaha rumahan masyarakat Banjarnegara. Olahan buah carica mudah ditemukan di pasar tradisional, supermarket, atau pusat oleh-oleh di Banjarnegara.

Demikian ulasan tentang Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Banjarnegara semoga bermanfaat.

 

Pos terkait