Wisata Baru Banjarnegara Bukit Asmara Situk (BAS)

Wisata baru Banjarnegara
Wisata baru bukit Asmara Situk di Kabupaten Banjarnegara. Source : Ig @lanjartyas

Wisata Baru BanjarnegaraMuatan Lokal, Bukit Asmara Situk (BAS) Kalilunjar Banjarnegara merupakan tempat Wisata Baru Banjarnegara, wisata alam ini berlokasi di Jl. Raya Karangkobar, Kalilunjar, Kec. Banjarmangu, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia.

Jalur pendakian menuju puncak Bukit Asmara Situk (BAS) berada di dekat jalan raya, sehingga memudahkan pengunjung, tepatnya di sebelah SD Kalilunjar atau di seberang jalan dari balai desa.

Bacaan Lainnya

Keindahan Bukit Asmara Situk (BAS)

Bukit Asmara Situk (BAS) memiliki ketinggian 683 meter di atas permukaan laut dan dengan beberapa trek yang memiliki kesulitan yang berbeda-beda, menariknya ketika mendaki Bukit Asmara Situk (BAS) terdapat nama yang berbeda untuk setiap pendakiannya seperti Bangkitnya Cinta, Bangkitnya Cinta Pengorbanan Cinta, dll.

Bagi pengunjung yang akan mendaki ke puncak Bukit Asmara Situk disarankan untuk membawa air mineral agar tidak lelah di jalan menuju puncak, namun bagi pengunjung yang lupa untuk tidak membawa air mineral, mereka bisa membelinya di pedagang di sepanjang jalan menuju puncak.

Setelah sampai di puncak, rasa lelah pengunjung akan terbayar setelah melihat indahnya kota Banjarnegara dari ketinggian, suasana yang menenangkan dan keindahan susunan bambu yang dibuat oleh Bukit Asmara Situk (BAS) akan membuat pengunjung betah dan ingin untuk berlama-lama di sana. Bambu-bambu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik di dalam maupun di luar kawasan.

Beberapa wahana yang populer di Bukit Asmara Situk (BAS) antara lain Flying Fox, Rumah Pohon, dan jika pengunjung turun dari Bukit Asmara Situk (BAS) pengunjung akan menemukan Gua Silundu namun jalan menuju gua ini masih dalam perbaikan dan terdapat Air Terjun Kracak yang tidak jauh dari Gua Silundu.

Rumah Pohon di Bukit Asmara Situk (BAS) sering dijadikan tempat berfoto oleh pengunjung khususnya anak muda, Bukit Asmara Situk (BAS) tidak memungut biaya apapun bagi pengunjung yang ingin berfoto di sana, namun ada waktu batasan dan batasan daya tampung pengunjung untuk mengunjungi kawasan setiap rumah pohon. Hal ini bertujuan memberi rasa aman bagi pengunjung dan menghindari kerusakan Rumah Pohon.

Ada juga Exotic Tunnel yang merupakan bekas gua yang digali pada masa penjajahan Jepang, yang kemudian diubah oleh Pak Lurah Slamet dan Karang Taruna dari Desa Kalilunjar, gua yang ditinggalkan itu diubah menjadi tempat wisata indah yang membuat gua ini menarik yaitu kehadiran lampu berkelap-kelip di dalamnya.

Bukit Asmara Situk (BAS) Kalilunjar saat ini sedang memperbaiki dan menambah infrastruktur untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung yang datang.

Penutup

Itulah artikel lengkap mengenai wisata baru di Banjarnegara yakni Bukit Asmara Situk. Dukung website Banjarnegaraterkini.id dengan cara donasi ataupun share artikel kami.

Pos terkait