Inilah Deretan Makanan Khas Banjarnegara

Makanan khas banjarnegara
Gambar mendoan, salah satu makanan khas yang ada di Banjarnegara. Sumber : tentangbanjarnegara.com

Makanan Khas BanjarnegaraMuatan lokal, Memanjakan lidah dengan aneka makanan khas Banjarnegara, wajib dilakukan saat berada di Kota Dawet Ayu. Sajian kuliner yang khas memiliki cita rasa yang sangat lezat dan unik yang tidak dapat ditemukan di daerah lain. Datang ke suatu daerah, belum lengkap rasanya jika belum mencicipi berbagai sajian kuliner yang unik.

Misalnya saja di Banjarnegara yang banyak menyajikan segudang makanan khas yang mampu menggugah selera. Saking enaknya, aneka masakan khas dari Kota Dawet ini sudah terkenal di seantero nusantara.

Bacaan Lainnya

Mau tahu apa saja makanan khas tersebut? Berikut deretan Makanan Khas Banjarnegara yang bisa Anda coba untuk menikmati sajian lezatnya.

1. Bakso Ketupat

Bakso memang terkenal sebagai salah satu makanan khas yang dimiliki oleh Indonesia. Bahkan hampir di setiap daerah di Indonesia menyajikan bakso dengan cita rasa yang beragam. Rasa nikmat yang tiada tara ini, mampu memanjakan lidah para penikmatnya. Hal ini juga berlaku pada bakso khas Banjarnegara. Bakso yang sudah populer di masyarakat sekitar, memiliki cita rasa yang sangat enak.

Namun perlu Anda ketahui, bahwa bakso Banjarnegara memiliki perbedaan yang mencolok dengan bakso pada umumnya, terutama dari segi tampilannya. Dimana bakso khas Banjarnegara dilengkapi dengan ketupat sebagai kombinasi yang berbeda.

Tak hanya ketupat, bakso asal Banjarnegara ini juga dilengkapi dengan bihun dan sawi. Apalagi kuah kaldu daging pada kuah bakso ini juga menggugah selera.

2. Mie Ongklok

Memiliki nama yang sangat unik, makanan yang satu ini memang dibuat dengan cara di kocok atau dalam bahasa lain yaitu di ongklok.

Berbeda dengan mie pada umumnya, dimana mie ongklok khas Banjarnegara menggunakan bahan dasar mie telur yang dicampur dengan daging sapi, irisan daun kol, sawi, dan ebi kemudian disiram dengan kuah kental khas Banjarnegara.

3. Combro Kalipalet

Bagi Anda masyarakat Jawa Tengah tentunya sudah tidak asing lagi dengan makanan khas yang bernama combro ini. Combro dibuat dengan bahan dasar singkong yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Kemudian, singkong dicampur dengan berbagai bumbu yang memiliki rasa manis, pedas, dan asin. Setelah itu adonan combro dibentuk menjadi bulat pipih dan digoreng hingga berubah warna.

Kesimpulan

Demikian ulasan tentang deretan makanan khas yang ada di Kabupaten Banjarnegara yang bisa anda coba semoga bermanfaat.

Pos terkait