Inilah Fakta Menarik Tentang Banjarnegara

Fakta menarik tentang Banjarnegara
Foto alun-alun yang terletak di pusat kota dengan icon pedagang dawet ayu khas Kabupaten Banjarnegara.

Fakta Menarik Tentang BanjarnegaraBANJARNEGARA TERKINI, Banjarnegara adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang beribukota juga Banjarnegara. Daerah ini terkenal dengan berbagai tempat wisata menarik seperti Dataran Tinggi Dieng dan kulinernya seperti Dawet Ayu. Luas wilayah Kabupaten Banjarnegara adalah 106.970.997 hektar atau 3,10 persen dari luas wilayah Jawa Tengah.

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Pekalongan dan Batang di utara, Kabupaten Wonosobo di timur, Kabupaten Kebumen di selatan, serta Kabupaten Banyumas dan Purbalingga di barat. Tanggal 17 Agustus 1967 menjadi momen bersejarah untuk warga Banjarnegara karena lambang daerah Kabupaten Banjarnegara diresmikan oleh Bupati Banjarnegara ke-7, M.Soedjirno.

Lambang daerah Banjarnegara memiliki semboyan yang berbunyi ‘Wani Memetri Rahayuning Praja’. Artinya, seluruh penduduk Daerah Banjarnegara bertekad memelihara kesejahteraan untuk kebahagiaan lahir dan batin masyarakat dan pemerintahannya. Tentu bukan hanya itu yang menarik dari Banjarnegara. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Fakta Menarik Tentang Banjarnegara.

Sejarah Nama Banjarnegara

Dulu ada seorang tokoh masyarakat bernama Kyai Maliu yang sangat tertarik dengan keindahan alam di sekitar Sungai Merawu, sebelah selatan Jembatan Clangkap. Dia juga membangun rumah dan tinggal di sana. Dari hari ke hari, kawasan tersebut semakin ramai dengan pendatang yang kemudian membangun rumah di sekitar tempat tersebut. Hingga sebuah desa terbentuk.

Keramaian dan kemajuan desa Banjar di bawah pimpinan Kyai Ageng Maliu berkembang pesat, terutama sejak kedatangan Kanjeng Pangeran Giri Wasiat, Panembahan Giri Pit, dan Nyai Sekati yang merantau dalam konteks agama Islam.

Sejak kedatangan mereka, Desa Banjar telah menjadi pusat pengembangan Islam dan telah menjadi Desa Banjar. Karena perkembangannya yang pesat, Desa Banjar semakin berkembang dan semakin ramai. Daerah itu akhirnya dijadikan kabupaten (Negara) baru sehingga namanya menjadi Banjarnegara.

Perubahan Hari Ulang Tahun

Salah satu keunikan Banjarnegara adalah pergantian hari jadi mereka. Awalnya, hari lahir mereka adalah pada tanggal 22 Agustus, yang merupakan momen pengangkatan Bupati pertama mereka, Raden Tumenggung Dipoyudo IV, pada tanggal 22 Agustus 1831. Hari jadi Kabupaten Banjarnegara tertuang dalam Peraturan Daerah Tingkat II Kabupaten Banjarnegara Nomor 3 Tahun 1994 tentang Hari Jadi. Kabupaten Banjarnegara.

Namun, hari jadinya diubah menjadi 26 Februari. Perubahan itu mulai berlaku sejak perda tersebut ditandatangani pada Rapat Paripurna DPRD Banjarnegara pada Maret 2019. Perubahan ini berdasarkan kajian terbaru yang menyebutkan bahwa hari lahir Kabupaten Banjarnegara jatuh pada Senin. Pon, 1 Syawal 987 Hijriyah atau 26 Februari 1571.

Demikian ulasan tentang Inilah Fakta Menarik Tentang Banjarnegara semoga bermanfaat.

Pos terkait