Wisata Edukasi Di Banjarnegara Yang Populer

Wisata edukasi di Banjarnegara
Wisata edukasi di Dieng, Kabupaten Banjarnegara.

Wisata Edukasi Di BanjarnegaraBANJARNEGARATERKINI.ID, Wisata edukatif bisa dilakukan sebagai bentuk ekstrakurikuler sekolah atau sebagai bagian dari rencana pembelajaran mulai dari SD hingga SMA bahkan perguruan tinggi,” ujarnya.

Bentuk kegiatan wisata edukasi, bisa di ruang-ruang seperti museum, laboratorium, seni dan galeri budaya, sanggar, gedung seni atau teater dan sebagainya. Bisa juga di alam terbuka seperti taman rekreasi, kebun binatang, monumen, candi, perkebunan, hutan, danau, pantai, sungai, gua, konser musik, festival seni, dan karnaval.

Bacaan Lainnya

Wisata edukasi dapat disesuaikan antara bidang ilmu yang dipelajari di sekolah dengan tema wisata tersebut, misalnya ilmu sejarah ke museum atau monumen, biologi atau botani ke taman, perkebunan, kebun binatang dan lain sebagainya. Untuk itulah kali ini kita akan membahas tentang Wisata Edukasi di Banjarnegara yang Populer.

Museum Kailasa Dieng

Museum Kailasa Dieng adalah sebuah museum di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Museum yang memiliki 4 bangunan utama ini memiliki koleksi benda cagar budaya, artefak, dan film tentang Dieng.

Koleksi yang dapat dilihat di museum ini antara lain sejarah meletusnya Gunung Prahu Tua, sumber batu andesit yang digunakan untuk pembangunan candi, dan sistem kepercayaan masyarakat Dieng.

Gubug Tani Kampung Gagot

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui keberadaan objek wisata edukasi bertema alam bernama Kampung Gagot. Ini bukan nama desa atau kelurahan, melainkan wahana wisata edukasi itu sendiri yang kebetulan berlokasi di Desa Kutawuluh, RT 1/RW 5, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara.

Amrullah atau biasa disapa Arul, 36, sebagai pencetus berdirinya Wisata Edukasi Kampung Gagot. Awalnya ide ini digagas oleh istrinya yang kebetulan adalah Sarjana Pertanian. Awalnya hanya membudidayakan tanaman pertanian kemudian berkembang menjadi peternakan sebagai media edukasi pariwisata.

Balai Budaya Banjarnegara

Balai Budaya Banjarnegara merupakan kompleks yang cukup besar dengan fasilitas yang lengkap, seperti taman jompo, kolam dan kolam pemancingan, taman buah, tempat selfie, wifi, dan lain-lain.

Sedangkan fasilitas utama yang dimiliki adalah yang berkaitan dengan pertunjukan budaya dan budaya, dimana Pusat Kebudayaan memiliki ruangan atau hall serta panggung konser dan fasilitas pendukung.

Penutup

Demikian ulasan tentang Wisata Edukasi Di Banjarnegara Yang Populer semoga bermanfaat.

Pos terkait