Cara Mengatasi SIM Card Realme yang Tidak Terdeteksi

Mengatasi SIM card realme
Cara mudah mengatasi SIM card pada smartphone realme yang tidak terbaca. (Foto: ©Future via Techradar)

Mengatasi SIM Card Realme  – Teknologi, Realme adalah salah satu brand smartphone yang saat ini mampu bersaing dengan brand lain karena memiliki penjualan produk cukup tinggi di Indonesia.

Semua produk smartphone dari brand manapun termasuk Realme tak luput dari bug software ataupun kerusakan pada hardware. Selama terjadi dalam jangka waktu garansi kamu nggak perlu khawatir kok.

Meskipun ada kartu garansi, jika memungkinkan bisa memperbaikinya sendiri akan lebih baik untuk menyimpan kartu garansi dan mengklaimnya bila terjadi kerusakan tak terduga lainnya.

Seperti yang saya alami baru-baru ini. Saya menggunakan hp Realme 8i sejak awal Januari 2022.

Beberapa minggu lalu, SIM card ke duanya tiba-tiba tidak terdeteksi padahal pemakaian seperti biasa. Sudah saya coba hidupkan ulang, pasang copot SIM card-pun masih tetap sampai tadinya ingin melakukan klaim garansi.

Tapi ternyata akar masalah tersebut saya temukan dan itu sangat mudah. Apakah kamu juga mengalaminya? Yuk simak tutorialnya berikut ini.

Cara mengatasi simcard Realme 8i yang tidak terbaca

Awal mula saya menyadarinya yakni dengan mengecek nomor IMEI dengan kondisi kartu dilepas semua. Jika kerusakan pada hardware, maka kedua IMEI akan muncul dan ternyata setelah saya coba lepas hasilnya hanya satu IMEI saja yang muncul.

Barulah saya menyadari bahwa ternyata software dari hp Realme 8i mengalami bug. Untuk mengatasinya sangat mudah. Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Cadangkan dan pindahkan semua data penting kamu ke kartu memori.
  2. Buka setelan, pengaturan sistem, pilih cadangkan dan reset.
  3. Pilih reset ponsel (semua data pada smartphone akan terhapus).

Setelah proses reset selesai, Sim card ke dua Realme 8i kamu bakalan muncul kembali.

Penutup

Itulah artikel lengkap seputar cara mengatasi SIM card realme. Tutorial tersebut berdasarkan pengalaman yang pernah di alami saya sebagai admin Banjarnegara Terkini. Bilamana mungkin cara tersebut masih tidak berhasil ada kemungkinan kerusakan pada hardware simcard sobat dan silahkan claim garansi saja jika memang kerusakan tersebut bukan karena kelalaian kita.

Pos terkait