Tips Membersihkan Ram HP Android

Tips membersihkan RAM hp
Ada banyak cara untuk membersihkan RAM pada smartphone android. Berikut sudah kami rangkum beberapa cara. Gambar : pexels.com/EmmanuelJasonEliphalet

Tips Membersihkan Ram HPTeknologi, Meskipun kapasitas penyimpanan HP Android seiring waktu semakin jumbo, tak lekas membuatnya terhindar dari masalah. Masih ada saja ditemukan problem seperti RAM yang membengkak yang membuat kinerja handphone jadi sering lag. Alhasil mobilitas pengguna untuk mengakses multimedia hingga main game sangat tidak maksimal.

Meski bukan masalah yang menyebabkan kerusakan fatal, habisnya memori RAM gadget membuat panik pengguna.

Bacaan Lainnya

Tips membersihkan RAM hp android terbaru 2022

Dilansir dari Detik Tekno berikut ini adalah Tips Meringankan Kapasitas Ram Android;

Hapus aplikasi yang jarang dipakai

Sebelum menyelesaikan masalah RAM, terlebih dahulu anda harus tahu berapa kapasitas RAM HP yang dipakai. Semakin tinggi spesifikasinya biasanya juga dibekali Ruang RAM yang besar namun untuk Hp keluaran lama ini yang jadi masalah karena kapasitas RAM yang ada mungkin sudah berat menjalankan aplikasi sekarang.

Cara mengetahui Kapasitas RAM mudah sekali cari bagian pengaturan -> memori -> memori aplikasi. Pengguna bisa melihat aplikasi mana saja yang memberatkan kinerja HP. Selanjutnya tinggal lakukan langkah pembersihan pada aplikasi tersebut, bila jarang dipakai bisa dihapus.

Disable Aplikasi Berat

Alternatif lain selain menghapus aplikasi adalah mendisable aplikasi yang memakan RAM. Hal ini bisa dilakukan bila anda masih sering menggunakan aplikasi tersebut, dan bisa diaktifkan kembali saat waktu-waktu tertentu. Untuk caranya silahkan klik bagian setting -> pengaturan aplikasi -> aplikasi terinstall -> disable aplikasi yang diinginkan. Prinsip kerja cara ini adalah memaksa aplikasi untuk berhenti, sehingga proses-proses yang sekiranya membutuhkan RAM di stop terlebih dahulu.

Anda jangan khawatir mendisable app tidak akan membuat aplikasi terhapus, sehingga anda tidak mengunduhnya lagi.

Matikan Animations dan Transitions

Kinerja HP yang lag bisa saja dikarenakan faktor aktifnya fitur Animasi dan Transitions. Memang secara visual kehadiran fitur ini membuat Smartphone enak dipandang mata namun untuk HP bermemori rendah hal Tersebut bisa memakan ruang RAM.

Cara untuk menonaktifkan fitur Animations dan Transitions adalah mengaksesnya layanan opsi pengembang, caranya: setting -> Tentang Ponsel -> tekan build number sebanyak 4 kali. Setelah aktif, pindah ke pengaturan developer dan matikan ( Windows Animations Scale, Animations Duration Scale, dan Transitions Animation Scale)

Jangan Memakai Live Wallpaper

Live wallpaper memang memberikan tampilan visual hp yang lebih hidup dibanding wallpaper biasa, tapi ini juga berpengaruh pada kinerjanya yang bisa menghabiskan RAM. Jika terus dibiarkan Hp berjalan patah-patah dan bisa ngehang.

Baca juga : Cara mengatasi SIM card hp Realme tidak terbaca

Sebaiknya HP dengan kapasitas memori terbatas tidak usah menggunakan Live wallpaper, selain itu pada bagian awal HP tidak usah menggunakan Widget terlalu banyak. Meskipun fitur tersebut tidak digunakan, Smartphone akan tetap berjalan Normal.

Pakai Aplikasi RAM Cleaner

Solusi cepat untuk membersihkan HP dari file tak terpakai adalah memakai aplikasi RAM Cleaner. Aplikasi seperti clean master, DU Cleaner dan sejenisnya bisa didapatkan diplaystore dengan harga gratis. Cukup sekali klik saja masalah RAM boros bisa diselesaikan.

Kesimpulan

jika menggunakan beberapa cara di atas ram kamu masih terasa berat, mungkin memang spesifikasi smartphone yang kamu gunakan tidak sesuai dengan kebutuhan gadget kamu saat ini.

Pos terkait