Rahasia SEO Mendapatkan Banyak Penonton Di YouTube

SEO YouTube
Mempelajari SEO perlu kita lakukan saat memulai karir di dunia creator YouTube agar video lebih mudah ditemukan. (Ilustrasi Istockphoto.com/GOCMEN)

SEO YouTubeTeknologi, Harapan bagi orang yang membuat konten di YouTube adalah videonya bisa dinikmati banyak orang. Karena akan ada manfaat yang didapat seperti terbukanya kesempatan mendapatkan penghasil baik dari Adsense, paid promote dan endorse. Namun untuk bisa mendapatkan Rekomendasi YouTube tidak gampang karena setiap jamnya ada 100 video baru muncul pada platform tersebut. Dengan kata lain persaingan di sana cukup berat.

Untuk mendapatkan banyak View seorang YouTuber perlu mengetahui tentang ILMU SEO. Menerapkan ilmu ini bisa membuat konten masuk dalam daftar rekomendasi YouTube dan mencapai page one pada kolom pencarian.

Lalu seperti apa caranya ? Simak artikel ini :

Riset Keyword

Coba ketikan sebuah Keyword misalnya ” cara memasak”, makan kolom pencarian YouTube akan menampilkan hasil relevant seperti : cara memasak ikan, cara memasak untuk pemula, Cara memasak chef Juna dan sebagainya. Keyword ini ternyata penting dimasak dalam konten Video.

Banyak pemula yang masih kurang tahu mengenai penyusunan keyword alhasil videonya tidak mendapatkan pengunjung secara maksimal. Meriset Keyword anda bisa menggunakan tools seperti TubeBudy, Ubersuggest, Google Keyword Planner dan lainnya. Setelah keyword didapatkan bisa diterapkan dalam judul dan deskripsi video.

Judul Dan Thumbnail menarik

Selain kualitas video, hal yang membuat konten bisa menarik adalah Judul dan Thumbnailnya. 2 hal tersebut diibaratkan sebagai umpan yang digunakan untuk memancing penonton. Judul dan Thumbnail adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam YouTube SEO, sebuah video bagus harus dilengkapi 2 Hal tersebut agar Reputasi Channel bisa meningkatkan

Misalnya bila anda membuat judul ” Cara Mendapatkan Uang Dari Internet” sebenarnya lebih menarik bila memakai judul seperti ini ” Cuma modal HP bisa dapat 1 Juta dalam seminggu ! Begini caranya ” . Untuk referensi thumbnail anda bisa melihat channel YouTube besar yang sesuai dengan Niche anda.

Pasang Keyword dalam video

Jika sudah mendapatkan keyword selain dimasukkan dalam judul, anda bisa memasukkannya dalam deskripsi video. Kenapa penting ? Karena YouTube akan lebih mendeteksi video yang Keywordnya relevan antara judul dan Deskripsi

Anda bisa melihat gambar diatas, pemilik channel memberikan keyword pada bagan judul dan deskripsi videonya. Cara tersebut juga bisa diterapkan pada channel anda. Pastikan untuk menyusun keyword secara natural agar tidak dikira spam.

Video Menarik

Tips utama dalam SEO YouTube adalah konten itu sendiri. Tanpa konten channel tidak memiliki nyawa yang membuatnya hidup. Konten seperti apa yang bisa memenangkan penonton ? Sebenernya ada banyak perspektifnya. Yang pasti harus menarik baik dari segi materi, pembawaan, Thumbnail, keyword dan segala macamnya. Pastikan konten tersebut memang dicari oleh penonton. Selain itu pastikan video yang dibuat original dan tidak melanggar komunitas YouTube.

Salah satu indikator chanel YouTube berhasil memikat penonton adalah seberapa lama mereka melihat video tersebut, jika sampai penuh ini pertanda dan YouTube pun akan merekomendasikannya.

Pos terkait