4 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh Secara Alami

Menjaga kesehatan kulit tubuh
Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan kulit tubuh secara alami. (Sumber : pexels.com/id-id/@soldiervip)

Menjaga kesehatan tubuh, tidak hanya mencakup bagaian organ dalam saja tapi juga bagian kulit luar. Menjaga kesehatan kulit tubuh tetap sehat bisa menghindarkan diri dari bakteri dan kotoran penyebab gangguan kesehatan yang serius.

Perawatan kuit pun tidak hanya mengandalkan serangkaian produk skincare, tapi harus menjaga pola hidup sehat sebagai bentuk perawatan alami. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan untuk merawat kulit sehat dari dalam? Ada beberapa tipsnya di bawah ini.

 

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh

 

1. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup untuk membantu kesehatan kulit tubuh
Salah satu cara menjaga kesehatan kulit yakni dengan tidur yang cukup. (sumber : pexels.com)

Agar bisa menjaga kesehatan kulit tubuh yang harus diperhatikan pertama, adalah menjaga pola tidur. Kualitas tidur yang baik bisa memberikan waktu pada kulit kita untuk memperbaharui sel-sel yang rusak dan memberkan istirahat yang cukup bagi kulit.

Tidur cukup juga dapat mencegah munculnya kerusakan kulit akibat sinar UV, mencegah kantung mata, serta mencegah kulit kusam.

 

2. Pola Makan Sehat

Tips yang kedua, pastikan kamu mengonsumsi makanan sehat karena ini akan berpengaruh pada kesehatan kulit. Usahakan makanan yang kamu konsumsi berisi makanan yang mengandung antioksidan serta vitamin yang penting bagi kulit tubuh.

Kamu bisa mengkonsumsi wortel, tomat, bayam, brokoli, susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan buah beri. Konsumsi juga ikan berlemak seperti ikan salmon dan ikan kembung. Makanan-makanan ini mengandung vitamin dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

3. Hindari Stres

Kamu juga perlu mengelola stres agar kulit tubuh tetap sehat. Hal ini disebabkan, tubuh saat stres biasanya menghasilkan hormon kortisol yang bisa meningkatkan produksi minyak kulit. Minyak  berlebih ini mengakibatkan pori-pori tertutup sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.

Untuk itu, tidak lengkap merawat kulit wajah tanpa pengelolan stres yang baik. Kamu bisa meluangkan waktu untuk menghibur diri, beristirahat dari berbagai kesibukan dan konsultasi ke psikolog jika perlu.

 

4. Lakukan Banyak Aktivitas Fisik

Melakukan banyak aktivitas fisik, bisa meningkatkan pasokan darah penuh oksigen dan memberikan nutrisi pada kulit. Nutrisi dan oksigen yang cukup dapat membantu sel kulit meremajakan diri.

Tidak hanya itu, ketika tubuh berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, tubuh melepaskan zat IL-15. Zat ini bisa membuat kulit tetap sehat dan mampu memperlambat penuaan kulit tubuh.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan kulit tubuh secara alami versi Banjarnegara Terkini. Selama merawat dari luar menggunakan skincare, kita juga perlu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Sekian artikel ini dibuat semoga bemanfaat.

Pos terkait