Cara Menghemat Kuota Zoom Saat Meeting

Cara menghemat kuota Zoom
Ada banyak cara untuk menghemat kota Zoom saat live meeting salah satunya dengan menurunkan kualitas video. (Sumber : https://id.tenveo-video-conference-jp.com)

Cara menghemat kuota zoomTeknologi, Bermeeting sejak pandemi mengalami pergeseran, dulunya peserta akan bertemu face to face, kini habitnya berubah jadi bertemu via online. Dengan bantuan gadget dan Aplikasi Zoom. Situasi ini semakin jadi familiar karena sejumlah instansi perusahaan menggencarkan Work From Home sebagai tindak lanjut mengurangi Penyebaran Corona virus.

Masalahnya memakai Zoom memerlukan kuota internet dan tak jarang boros penggunaannya. Karena kegiatan menampilkan video secara real time ini memerlukan kuota yang banyak.

Dalam artikel kami akan membahas Tips Hemat Kuota Saat Zoom Meeting:

 

Mengaktifkan Mode Video Hanya dalam Kondisi Diperlukan

Memang menggunakan aplikasi Zoom untuk aktivitas video conference, baik sebagai moderator atau peserta pengalaman terbaik tentunya mengaktifkan Mode Video. Hal tersebut sebenarnya tidak perlu dilakukan setiap saat. Jika diperbolehkan dalam Meeting untuk mematikan Video, lakukan saja saat kondisi yang diperlukan.

Konten video real-time memang memerlukan kuota yang banyak dan alasan inilah kenapa pengguna aplikasi Zoom harus pinter mengontrol penggunaannya.

 

Jangan Menggunakan Pengaturan Video HD

Dalam menu setting kualitas video aplikasi Zoom disediakan 2 mode yaitu Mode Standar dan Mode High Definition. Jika ingin tampilan terbaik tentu pilihannya menggunakan Mode HD, kompensasinya adalah kuota akan lebih boros. Sebaliknya jika menggunakan mode standard kualitas tampilan yang diberikan tidak sejernih Mode HD tapi bisa menghemat pengeluaran Kuota.

Bila kuota anda dalam kondisi sedikit lebih bijak memakai mode standard, untuk keperluan meeting biasa sudah cukup untuk mendapatkan grafik jelas.

 

Matikan mikrofon ketika tidak bicara

Cara hemat pemakaian zoom, selain dengan cara diatas adalah dengan mematikan Mikrofon ketika tidak dibutuhkan. Tips ini bisa dilakukan pada selain moderator, karena tidak diberlakukan bicara yang banyak.

Mikrofon baru diaktifkan ketikan anda ingin berbicara, melontarkan pertanyaan, atau memberikan informasi. Meskipun simpel, pemakaian Aplikasi Zoom ini akan lebih hemat, sehingga kuota tidak cepat habis.

 

Tentukan Platform Video Conference yang tepat

Familiarnya aktivitas konferensi online membuat banyak platform membuat aplikasi seperti Zoom. Tentunya tidak salah menggunakan aplikasi lain, siapa tahu cocok dengan apa yang anda inginkan. Sebenarnya ada banyak sekali rekomendasi aplikasi Conference selain Zoom seperti: Google Meet, Skype for business, Discord dan masih banyak lagi.

Setiap platform punya spesifikasi berbeda, misalnya Google Meets daya tampung pesertanya maksimal 50 Orang, sementara Microsoft Teams  mencapai 250 Orang.

 

Pilih paket internet khusus.

Untuk menunjang kebutuhan Zoom, perlu paket khusus dan beruntungnya operator di Indonesia sudah menyediakan. Seperti telah meluncurkan paket CloudX Meeting Basic dengan Kuota yang disesuaikan untuk keperluan Video Conference. 5 GB sebagai kuota Umum dan 10 GB Sebagai Kuota Zoom.

 

Kesimpulan

Itulah beberapa cara menghemat kuota Zoom ketika meeting versi Banjarnegara Terkini. Terima kasih.

Pos terkait