Jenis-jenis Marketing Campaign Di Platform Instagram

Marketing campaign Instagram
Sebagai sosial media, aplikasi Instagram bisa dimanfaatkan sebagai sarana marketing. Ada banyak jenis marketing campaign Instagram. Berikut telah kami rangkum secara lengkap. (Sumber: pexels.com)

Marketing Campaign InstagramTeknologi, Instagram dengan jumlah pengguna mencapai 1,92 Milliar Jiwa memiliki potensi bukan hanya sebagai media sosial namun juga media untuk promosi bisnis. Inilah kenapa banyak brand-brand berekspansi dengan membuat akun, beriklan, hingga membuat kegiatan giveaway pada platform ini.

Data menunjukkan setiap orang memiliki Instagram setidaknya memfollow akun brand favoritnya. Ini membuktikan bahwa salah alasan kenapa orang membuat Instagram adalah untuk berbelanja.

Bagi seorang pebisnis, alangkah baiknya kita mengetahui tentang

Jenis-jenis Marketing Campaign di Instagram

Yuk kita simak berikut ini :

 

Giveaway/Kontes

Untuk membuat produk/jasa dilirik pengguna Instagram, pebisnis harus memiliki solusi untuk meningkatkan insight. Dan salah satu cara efektifnya adalah melakukan kegiatan Giveaway/kontes.

Ini merupakan metode kampanye dengan memberikan hadiah kepada followers. Biasanya brand akan mengajukan persyaratan terlebih dahulu seperti memfollow, men-share, atau men tag akun hingga kontes. Siapa yang memenuhi syarat akan mendapatkan hadiah Give Away Tersebut.

Syarat dan Hadiah Giveaway harus dirancang sebagai sarana promosi brand. Seperti followers harus memfollow akun brand tersebut, memberikan testimoni dan sebagainya.

 

Brand Awareness Campaign

Brand Awareness Campaign adalah cara untuk meningkatkan kesadaran audience terhadap keberhasilan sebuah produk. Dan biasanya sangat masif dilakukan oleh brand yang baru merintis. Bentuk Brand Awareness di Instagram itu banyak caranya. Misalnya dengan membuat akun, memasang logo, memposting Konten, atau beriklan di Instagram ads.

Brand Awareness Campaign efektif untuk menjaring konsumen baru dan menaikkan reputasi publik.

 

Kampanye User Generated Content

User Geberated konten merupakan sebuah konten baik berupa tulisan, gambar, review dan video oleh konsumen dari sebuah produk. Dengan kata lain metode Campaign ini menjadi konsumen sebagai media mempromosikan produk/jasa dari sebuah Brand.

Selain mengunggah Konten produk, brand juga meminta konsumen untuk mencantumkan hastaght tertentu untuk menaikkan Awareness produk, sehingga peluang mendapatkan konsumen baru akan semakin besar.

 

Kampanye Launching Produk

Metode Promotion Campaign ini dilakukan saat brand meluncurkan produk barunya. Baik brand besar dan kecil perlu untuk melakukan cara ini diplatform Instagram. Sebuah produk baru tentu sebuah cara perkenalan agar mendapatkan impresion.

Makanya banyak brand rela membayar influencer untuk mengiklankan produk terbaru mereka.

Untuk teknik beriklan di influencer, brand bisa meminta untuk memperkenalkan produk, unboxing, review atau memperagakan cara penggunaannya. Lalu minta influencer membicarakan tentang produk tersebut pada followersnya.

 

Kampanye Promosi/Penjualan

Manfaat layanan” Shop Now” yang tersedia di Instagram dengan cara promosi penjualan. Untuk mempercepat sebuah deals, brand bisa saja menawarkan potongan harga pada produknya. Ini dilakukan agar followers merasa dihargai, Sehingga mendapatkan keuntungan tersebut.

Jangan lupa untuk menetapkan waktu terbatas, agar konsumen bisa bersegera melakukan pembelian.

Mempelajari teknik marketing di Instagram sebenarnya susah-susah gampang. Jadi sobat Banjarnegara Terkini cukup belajar terus saja yah.

Pos terkait