Cara Mudah Membersihkan Memori RAM Android!

Cara Mudah Membersihkan Memori RAM Android!

Cara Mudah Membersihkan Memori RAM Android!

RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu elemen penting yang harus diperhatikan saat membeli smartphone. Semakin besar kapasitas atau ukuran, semakin diinginkan.

Bacaan Lainnya

Ukurannya bervariasi, dari 1, 2, 3, 4, 6, 8 atau 12 GB. Semakin banyak RAM yang Anda inginkan, semakin banyak uang yang harus Anda bayarkan untuk mendapatkannya.

Tapi tahukah Anda, ternyata ada cara untuk mengosongkan RAM HP lho. Setidaknya ini dilakukan untuk membuatnya bekerja lebih baik.

Langkah-langkahnya juga mudah diikuti oleh detikers. Di bawah ini kita akan melihat penjelasan singkat dan sederhana.

Apa itu RAM

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya mengetahui sedikit tentang RAM itu sendiri. Ini berfungsi sebagai memori utama ponsel, yang digunakan untuk menyimpan data dari program atau aplikasi yang sedang berjalan.

Data yang tersimpan di RAM hanya bersifat sementara. Ini karena dihapus jika Anda membersihkannya secara manual atau me-restart smartphone.

Seperti dijelaskan di atas, semakin besar ukurannya, semakin mahal harganya. Tapi jangan ketinggalan, soal kualitas RAM-nya juga lebih baik. Sekarang ingat bahwa meskipun smartphone Anda memiliki kapasitas besar, tetapi banyak aplikasi yang berjalan atau digunakan, lebih banyak memori yang digunakan.

Semakin banyak RAM yang dimakan, semakin dapat menyebabkan kinerja melambat. Itu sebabnya lebih baik memiliki RAM HP yang bersih. Tujuannya agar bisa tampil normal. Lalu bagaimana cara menghapus RAM HP Android? Mari kita lihat ilustrasi berikut.

Cara membersihkan memori RAM HP Android

Pada langkah pertama, pengguna dapat memeriksa terlebih dahulu berapa banyak RAM yang digunakan. Nah, jika Anda ingin melihatnya, Anda bisa melakukannya di menu pengaturan.

1. Buka pengaturan HP.

2. Kemudian masuk ke menu Memory atau Anda bisa langsung memasukkan kata kunci di kolom pencarian.

3. Masuk.

4. Kemudian pengguna akan melihat berapa banyak RAM yang dimiliki smartphone Anda dan berapa banyak sistem dan aplikasi yang digunakan.

5. Kemudian tekan saja tombol Delete Now jika ingin membersihkannya.

6. Selesai.

Sekarang melalui menu Memori, pengguna dapat melihat aplikasi mana yang menggunakan RAM paling banyak. Dalam upaya untuk meningkatkan kinerjanya, itu dapat membatasi beberapa aplikasi, terutama yang tidak digunakan.

Upaya yang harus dilakukan agar RAM tidak bekerja terlalu keras. Salah satunya dengan tidak memasang live wallpaper. Sebaiknya hindari untuk penggunaan aplikasi tambahan yang mengklaim dapat meningkatkan kinerja RAM, karena belum tentu berfungsi dengan baik. Ini adalah bagaimana Anda menghapus RAM ponsel Android Anda.

Bagaimana menurut kalian gusy, seberapa mudah langkah-langkahnya?

Pos terkait