Cara Membuat Donat Mengembang Sempurna

Cara membuat donat mengembang
Donat memiliki rasa yang manis dan empuk ketika dimakan membuat cemilan satu ini banyak disukai orang. (Sumber: pexels.com)

Cara membuat donat mengembangFood, Donat memiliki bentuk sederhana dan proses pembuatan yang bisa dipelajari oleh siapa saja. Namun, mungkin yang paling menantang ialah trik atau cara membuat donat empuk dan juga mengembang hingga proses menggorengnya.

Membuat kreasi donat sendiri tentunya akan lebih menarik. Cara Membuat Donat sendiri di rumah juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sambil menikmati liburan atau waktu luang di rumah. Bahkan, Anda juga bisa menjadikannya sebagai bisnis.

Cara membuat donat nengembang sempurna

Yuk simak caranya berikut ini.

Mencampur ragi agar donat mengembang

Ragi adalah pengembang adonan yang digunakan dalam pembuatan donat. Umumnya cara menggunakan ragi ialah dengan cara melarutkannya dengan bahan cair seperti air, susu, sirup, dan lain-lain. Namun bahan cair yang digunakan untuk melarutkan ragi tidak boleh memiliki suhu yang tinggi karena akan melemahkan zat pengembang yang terkandung dalam ragi. Gunakan bahan cair yang berada pada suhu ruang agar ragi dapat bekerja dengan baik untuk mengembangkan adonan donat.

Pilih tepung terigu berprotein tinggi agar donatnya bisa lembut dan mengembang

Ada banyak tepung yang tersedia di pasaran. Bagi Sahabat Pintar yang akan mencoba membuat donat untuk pertama kalinya, pastikan untuk memilih tepung terigu dengan protein tinggi. Tepung berprotein tinggi akan membantu adonan donat memiliki tekstur yang elastis sehingga dapat memicu adonan mengembang.

Perhatikan suhu minyak yang ideal

Setelah donat melalui proses proofing, langkah selanjutnya adalah menggoreng adonan. Mungkin banyak yang mengeluhkan donat menjadi kempes setelah digoreng, padahal sebelumnya donat sudah mengembang dengan baik. Hal ini terjadi karena suhu minyak yang tidak optimal untuk menggoreng donat.

Panaskan minyak dalam wajan dan gunakan termometer untuk memastikan suhu minyak telah mencapai 180℃. Jika sudah mencapai suhu tersebut, adonan donat siap untuk digoreng.

Bentuk bulat rapi agar donat tidak goyah

Donat umumnya dicetak dalam bentuk “cincin” yang meninggalkan lingkaran di tengahnya. Namun, ada juga donat yang berbentuk bulat tanpa lubang, atau di kepang. Sayangnya, Sahabat Pintar juga banyak yang mengeluhkan adonan donat yang goyang dan lepas saat digoreng.

Untuk itu, jika Anda membentuk donat, usahakan agar “jahitan” pada seluruh permukaan adonan menempel dengan baik. Jika Anda memilih untuk menggoreng donat dengan bentuk cincin, pastikan bagian yang berlubang berada di tengah agar donat tidak goyah.

Penutup

Demikian ulasan tentang, cara membuat donat mengembang sempurna versi Banjarnegara Terkini. semoga bermanfaat.

Pos terkait