Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung
Kondisi dan kesehatan jantung harus selalu kita perhatikan. Banyak cara untuk menjaga kesehatannya. (Sumber: pexels.com)

Banjarnegara Terkini – Menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan menjaga pola makan dan meminimalkan stress. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang baik untuk kesehatan jantung. Karena beberapa makanan, ternyata bisa meminimalkan risiko penyakit jantung dan beberapa yang lain dapat memaksimalkan kesehatan jantung.

Beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan jantung antara lain adalah pola makan, yang sangat berpengaruh pada tekanan darah. Maka pemilihan makanan yang sehat atau pola makan tidak hanya dapat memberikan kesehatan bagi jantung, tetapi juga dapat membantu menjaga berat badan, dan menjaga kulit tetap kencang.

 

Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung

Studi menyebutkan, kalau alasan di balik  sekitar sepertiga kematian di seluruh dunia adalah karena penyakit jantung. Menariknya, hanya dengan menambahkan makanan sehat untuk kesehatan jantung pada konsumsi harian, dapat membuat  semua perbedaan. Karena faktanya, beberapa makanan dapat mempengaruhi tekanan darah, kadar kolesterol, trigliserida, dan peradangan.

Tahukah Anda jantung orang dewasa yang sehat, berdetak lebih dari 2 miliar kali dalam rata-rata seumur hidup? Selama itu jantung bekerja untuk mendorong lebih dari jutaan sel darah ke seluruh bagian tubuh. Aliran darah secara konsisten mengangkut oksigen, hormon, dan beberapa elemen penting ke seluruh bagian tubuh. Karena faktanya jika jantung berhenti bekerja, semua fungsi tubuh yang penting akan gagal berfungsi dan tubuh rusak.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung amat sangat penting. Melakukan kebiasaan baik untuk jantung sehat, serta menghindari hal yang merusak. Seperti kurangnya makanan sehat jantung, tidak berolahraga, dan kebiasaan tidak sehat lain seperti merokok. Kalau Anda tidak memiliki kebiasaan sehat untuk kesehatan jantung, maka Anda lebih rentan terhadap beberapa penyakit jantung besar dan kecil, seperti tekanan darah tinggi atau bahkan serangan jantung.

Baca juga: 4 tanda dia belum bisa move on dari kamu

Karena seiring bertambahnya usia, fungsi jantung secara bertahap akan melambat. Namun, penting untuk dipahami bahwa kebiasaan tidak sehat dapat membuat jantung Anda menua lebih cepat. Dengan melakukan perubahan, seperti melakukan gaya hidup sehat, Anda dapat mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung, bahkan Anda juga dapat memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik.

Perlu diketahui, kalau serangan jantung benar-benar dapat dihindari. Tugas Anda dan kita yang ingin menjaga kesehatan jantung adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Hal sederhana bisa dimulai, seperti dengan membiasakan menggunakan tangga daripada lift, hingga makan brokoli. Karena setiap tindakan kecil kita, ternyata memainkan peran yang sangat penting untuk memelihara kesehatan jantung.

Itulah beberapa tips dari kami. Semoga membantu.

Pos terkait