Bahan Polyester, Bahan Kain yang Cukup Populer

Bahan Polyester adalah
Bahan Polyester adalah bahan sintetis yang cukup populer. Tak hanya untuk pakaian, bahan Polyester juga digunakan untuk properti rumah salah satunya pada sofa. (Sumber: tshirtbar.id)

Bahan polyester adalah salah satu pilihan kain cukup populer yang digunakan dalam mode berbusana, desain, ataupun sekadar untuk hiasan ruangan di interior. Tapi bagi mereka yang tidak memahami bahan ini akan menganggap polyester sebagai bahan yang buruk karena buatan manusia.

 

Tapi bukan berarti membuat bahan ini tidak bagus ketika digunakan. Tapi tahukah Anda? Jika bahan ini pada dasarnya berasal dari bahan plastik.

 

Meski masih kurang populer didengarkan, tapi bahan ini pasti sering Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Karena digunakan dalam proses pembuatan sprei, sofa, tali makrame, karpet serta selimut. Bahan Polyester ini memiliki beberapa tipe karakteristik.

 

Tipe Bahan Polyester

 

Setelah mengetahui bahan Polyester adalah bahan yang cukup populer digunakan. Ada beberapa tipe pilihan yang paling sering digunakan.

 

1. Polyethylene Terephthalate

 

Tipe Polyethylene Terephthalate atau PET ini merupakan bahan yang paling populer digunakan.

 

Tipe bahan ini tidak hanya ditemukan dalam bahan pakaian, tetapi biasany juga digunakan sebagai bahan dasar botol minuman bersoda, botol susu plastik, botol air mineral dan dalam bahan botol sekali pakai.

 

Kelebihan dari bahan ini dapat didaur ulang. Sebelum membuat kain tipe ini terlebih dahulu divakum menggunakan suhu yang tinggi di dalam ruang hampa.

 

2. Poly-1, 4-cyclohexylene-dimethylene

 

Ciri khas dari bahan PCDT atau poly-1, 4-cyclohexylene-dimethylene, berbahan elastis serta lentur. Karena itu, bahan ini sering digunakan sebagai bahan dasar tirai jendela atau penutup furniture lainnya.

 

Bahan ini terbuat dari hasil campuran zat asam dengan bahan kimia lainnya. Yakni termasuk poly-1, 4-cyclohexylene-dimethylene.

 

3. Benang Sintesis

 

Sesuai dengan namanya, bahan ini merupakan tipe terbuat dari bahan sintetis. Seperti benang pintal, filamen serta nilon.

 

Tipe kain yang terbuat dari bahan dasar ini, sangat menyerupai kain bahan dasar alami seperti kapas. Biasanya digunakan proses pembuatan kain menggunakan bahan ini, ada proses memutar benang agar serat dapat menjadi salah satu untaian.

 

Demikian artikel dari Banjarnegara Terkini seputar pemahaman terkait bahan polyester adalah bahan kain yang cukup populer serta beberapa tipenya, membantu Anda memahami penggunaan dari bahan kain ini.

 

Pos terkait