20 Tempat Wisata di Jawa Tengah terbaik

Wisata terbaik di jawa tengah sala satu provinsi di Indonesia, Jawa Tengah dapat ditemukan  di peta, Provinsi Jawa Tengah memiliki banyak tempat wisata yang patut untuk dikunjungi, yang paling terkenal adalah Candi Borobudur.

 

Bacaan Lainnya

Sebagai hub budaya utama, Provinsi Jawa Tengah juga menawarkan berbagai macam tujuan wisata yang menarik. saat berada di provinsi ini, apa saja tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi?

Tempat Wisata di Jawa Tengah

1. Candi Borobudur

Jika Anda sudah berada di Jawa Tengah, tentunya berwisata ke Candi Borobudur harus ada dalam daftar aktivitas Anda. Obyek wisata di Magelang Jawa Tengah yang paling populer adalah Candi Borbodur. Candi Borobudur adalah candi Budha terbesar yang ada, berasal dari abad kedelapan.

Di zaman sekarang ini, situs Warisan Dunia yang diakui UNESCO mewakili landmark budaya paling penting di mana pun di dunia. Sebagian besar pengunjung datang ke lokasi ini untuk menyaksikan matahari terbenam atau candi. Ada 1.460 panel naratif dan 1.212 panel dekoratif yang tersebar di 11 lorong di luar candi induk di Candi Borobudur.

Wisatawan harus membayar Rp 337.000 (sekitar $42) untuk memasuki Candi Borobudur. Sebaliknya, penduduk setempat bisa masuk hanya dengan Rp 10.000. Namun, saat ini pemerintah sedang mengkaji kemungkinan kenaikan tarif tiket masuk ke candi tersebut.

2. Candi Prambanan

20 Tempat Wisata di Jawa Tengah terbaik
candi prambanan

Hingga saat ini, Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9. Selain itu, UNESCO telah menetapkan Prambanan sebagai Situs Warisan Dunia. Kota ini sangat dekat dengan perbatasan antara provinsi Klaten dan Yogyakarta.

Baca juga : 7 Pemain yang Absen di Piala Dunia Qatar 2022

Candi Prambanan disucikan kepada tiga dewa utama (Brahma, Wisnu, dan Maheswara/Siwa). Ada empat kamar tidur kecil dan tiga kamar tidur besar di kompleks ini.

Ketinggian menara utama di Candi Prambanan hampir mencapai 47 meter. Empat candi lainnya adalah Garuda, Nandi, Angsa, dan Apit.

3. Candi Plaosan

20 Tempat Wisata di Jawa Tengah terbaik
candi plaosan

Setelah Borobudur di Jawa Tengah, Plaosan adalah salah satu contoh arsitektur Buddha terbaik di dunia. Kuil ini juga dibangun pada abad kesembilan dan didekorasi dengan ornamen biru dan emas yang cerah. Ada dua kandidat di daerah yang sama.

Peninggalan Buddha dapat ditemukan di dalam candi. Selain menjelajahi Candi Plaosan, ada sejumlah lokasi lain yang menarik untuk dilihat dan aktivitas untuk dilakukan di sekitarnya. Ini termasuk menunggu matahari terbenam, mendaki, atau sekadar menikmati suasana Candi yang tenang.

4. Umbul Ponggok

20 Tempat Wisata di Jawa Tengah terbaik
Umbul ponggok

Umbul Ponggok merupakan tujuan wisata populer di provinsi Klaten Indonesia karena keindahan alamnya yang mengesankan. Umbul Ponggok dibangun di atas dasar air dan batu, dan merupakan rumah bagi berbagai jenis ikan.

Umbul Ponggok adalah tujuan populer bagi para perenang snorkel pemula, tetapi juga aman bagi penyelam yang belum berpengalaman.

Namun, jika Anda pernah snorkeling di laut sebelumnya, Umbul Ponggok akan tampak seperti buatan bagi Anda. Biaya masuk ke Umbul Ponggok sendiri sekitar Rp 14.000.

5. Dataran Tinggi Dieng

20 Tempat Wisata di Jawa Tengah terbaik
Dataran Tinggi Dieng

Tempat wisata di Jawa Tengah ini sangat terkenal berkat namanya yang unik: Dataran Tinggi Dieng. Dataran Tinggi Dieng berlokasi di Wonosobo dan memiliki kawah gunung berapi raksasa dengan beberapa candi Hindu yang sudah sangat kuno.

Ketinggian lokasi di Dataran Tinggi Dieng ini lebih dari 2.000 meter, dan cuaca di sana sangat dingin. Di malam hari, suhu bisa turun hingga serendah 10 derajat Celcius.

Suhunya bisa mencapai hingga 15 derajat Celcius pada sore hari. Meski dingin, Dataran Tinggi Dieng saat ini menjadi destinasi populer bagi yang berada di Wonosobo.

6. Wisata Air Panas Taman Guci

20 Tempat Wisata di Jawa Tengah terbaik
Wisata air Panas Taman Guci

Tegal, di provinsi Jawa Barat, di mana Anda akan menemukan Taman Wisata Air Panas Guci. Untuk menuju Taman Guci dari pusat kota Tegal, Anda harus berjalan kaki setidaknya sejauh 40 kilometer. Tempat peristirahatan sumber air panas ini mendapatkan pasokan airnya langsung dari Gunung Slamet.

Pengunjung pemandian air panas Taman Guci yakin bahwa berendam di air dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Karena luasnya mencapai 210 hektar, pengunjung dapat menikmati lebih dari sekadar berendam di hotspot wisata ini. Ya, Anda dapat melakukan tur keliling hutan, berkemah di area hutan belantara, dan bermain sepak bola atau tenis di lapangan yang telah disiapkan.

7. Karimunjawa

20 Tempat Wisata di Jawa Tengah terbaik
Karimun Jawa

Karimunjawa terletak di sebuah kota bernama Jepara yang berada di sebelah utara Semarang. Sebanyak sekitar 27 pulau di Kepulauan Karimunjawa bisa dikunjungi sebagai hotspot wisata.

Dari 27 pulau tersebut, hanya 5 pulau yang berpenghuni, selebihnya menjadi destinasi wisata berkat keberadaan hotel dan akomodasi lainnya, sedangkan pulau lainnya dibiarkan bebas pengunjung.

Setiap pantai Karimunjawa, dari yang paling terpencil hingga yang paling berkembang, masih asli dan belum tersentuh oleh pariwisata. Anda bisa melakukan scuba diving, snorkeling, atau sekadar berbaring di pantai dan bersantai di sini.

8. Museum Kereta Api Ambarawa

20 Tempat Wisata di Jawa Tengah terbaik
Museum Kereta Api Ambarawa

Tempat wisata Jawa Tengah Museum Kereta Api ini bisa ditemukan di Kota Ambarawa. Museum yang didedikasikan untuk para kuno ini dapat ditemukan di jantung pusat kota Ambarawa. Anda akan membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke sini dari Semarang.

Museum Kereta Api Uap Ambarawa awalnya merupakan stasiun kereta api yang sukses sebelum diubah menjadi museum.

Yang membuat Museum Kendaraan Bertenaga Api di Ambarawa begitu menarik adalah adanya beragam koleksi kendaraan yang menggunakan sumber energi terbarukan.

Selain kapal terbang, Anda dapat mempelajari dan bereksperimen dengan berbagai teknologi komunikasi awal, mulai dari telegraf dan kode Morse hingga gramofon dan telegraf.

9. Pantai Marina

20 Tempat Wisata di Jawa Tengah terbaik
Pantai Marina

Karena letaknya yang dekat dengan bandara internasional Semarang, Bandara Ahmad Yani, Pantai Marina menjadi destinasi populer bagi wisatawan lokal.

Pantai Marina adalah pantai yang dapat diakses yang dekat dengan kota Semarang dan laut.

Pantai Marina adalah tempat yang tepat untuk makan dan kemudian menikmati berbagai olahraga air, olahraga darat, dan atraksi budaya.

10. Puri Maerokoco

20 Tempat Wisata di Jawa Tengah terbaik
Puri Maerokoco

Hingga saat ini, Puri Maerokoco masih menjadi salah satu taman yang paling banyak dikunjungi di seluruh Jawa Tengah berkat keindahan alamnya yang memukau dan banyaknya tempat wisata yang menarik. Versi miniatur berbasis di Semarang. Maerokoco awalnya merupakan bangunan yang didesain menyerupai candi.

Namun karena renovasi, Puri Maerokoco kini menjadi tujuan wisata budaya dan pendidikan. Fakta bahwa banyak orang tua mendorong anak-anak mereka untuk mengunjungi Puri Maerokoco seharusnya tidak mengherankan.

Kunjungi daerah Jawa Tengah ini untuk melihat beberapa rumah tradisional paling menarik di wilayah tersebut. Selain mengunjungi rumah adat, pecinta kuliner bisa berbelanja di pasar lokal.

Mau memancing atau naik perahu dan keliling danau di Puri Maerokoco juga bisa. Jika Anda berada di Puri Maerokoco, Anda akan menemukan bahwa ada banyak hal turis yang dapat dilakukan.

11. Desa Wisata Tlogoweru

20 Tempat Wisata di Jawa Tengah terbaik
Desa Wisata Tlogoweru

Mendengar nama Desa Wisata Tlogoweru mungkin Anda merasa asing. Lokasi objek wisata ini berada di Demak, Jawa Tengah. Lantas, apa sebenarnya desa Tlogoweru sendiri yang menjadikannya salah satu destinasi wisata paling wajib dikunjungi di seluruh Jawa Tengah?

Desa ini sebenarnya dikenal sebagai Desa Wisata Burung Hantu Tlogoweru karena banyaknya tlogoweru yang dipelihara sebagai hewan peliharaan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa populasi merpati lokal di desa wisata ini telah dipelihara dengan hati-hati hingga ham dapat dengan mudah diberikan kepada burung, karena sebagian besar penduduk daerah tersebut adalah petani.

Namun, fakta penangkaran burung hantu di desa ini juga menjadikannya tujuan wisata yang unik. Di sini Anda bisa melihat keindahan keliaran terbang burung hantu.

12. Pantai Kartini

20 Tempat Wisata di Jawa Tengah terbaik
Pantai Kartini

Pantai Kartini adalah perhentian berikutnya dalam perjalanan Anda ke tempat wisata di Jawa Tengah. Pantai ini merupakan tujuan wisata di Jepara, Jawa Timur. Lahan tepi pantai seluas lebih dari 3 hektar menjadi persinggahan para pelancong dalam perjalanan menuju Pulau Karimunjawa.

Pantai Kartini terkenal dengan ikon penyu besar yang menjadi simbol museum yang ditempatinya. Mandi di udara asin pantai ini diyakini bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Selain memancing, pantai Kartini menawarkan berbagai macam kesempatan rekreasi lainnya. Anda bisa mengunjungi museum, bermain di taman bermain, atau menyewa peralatan kedai minuman.

13. Masjid Agung Jawa Tengah

20 Tempat Wisata di Jawa Tengah terbaik
Masjid Agung Jawa Tengah

Pemandangan kawasan Jawa Tengah tidak hanya sebatas pemandangan alam. Kota Semarang adalah rumah bagi Masjid Agung Jawa Tengah yang besar dan berornamen.

Dengan sejarahnya yang panjang dan jemaahnya yang besar, Masjid di provinsi Jawa Tengah ini menjadi tempat ibadah penting bagi umat Islam di kawasan itu.

Masjid ini memadukan gaya Islam, Jawa, dan Romanesque, sehingga konstruksinya yang masif tidaklah aneh. Selain berfoto dan berdoa di masjid, pengunjung juga bisa menjelajahi menara yang menarik.

14. Ketep Pass

20 Tempat Wisata di Jawa Tengah terbaik
Ketep Pass

Anda bisa mendapatkan salah satu pemandangan terbaik Gunung Merapi dari jarak yang nyaman dari Ketep Pass yang terletak di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di ujung Gunung Sawangan.

Terletak 1.200 meter (3.937 km) di atas permukaan laut, ia menampilkan teater mini yang menampilkan film dokumenter tentang aktivitas vulkanik Merapi selama bertahun-tahun dan sebuah museum yang mendokumentasikan fakta vulkanik dan sampel batuan dari aliran lahar gunung berapi.

15. Gunung Andong

Gunung Andong

Pulau Jawa adalah tanah pegunungan, dan ada banyak gunung yang bisa didaki untuk melihat pemandangan yang menakjubkan. Salah satu gunung tersebut adalah Gunung Andong di Kabupaten Magelang Kabupaten.

Andong adalah salah satu gunung di dekat Magelang, dan merupakan tempat yang populer bagi para pendaki dan pecinta alam lainnya. Rata-rata, seseorang bisa mendaki ke puncak Gunung Andong dalam waktu dua jam.

Gunung ini ramah untuk didaki, dengan rute yang tidak sesulit seperto beberapa gunung lainnya, seperti Merapi, Sindoro, Merbabu, atau Sumbing, dengan ketinggian 1.726 meter di atas permukaan laut. Jadi, masih aman bagi yang baru pertama kali mendaki Gunung Andong.

16. Candi Umbul

Candi Umbul

Lokasi tempat wisata Jawa Tengah Magelang selanjutnya juga tepat. Objek wisata ini terdiri dari banyak bebatuan dari laut terdekat, dan namanya adalah Candi Umbul. Candi Umbul sebenarnya adalah candi Hindu dari zaman Mataram yang terletak di Kartoharjo, Magelang.

Candi ini dibangun pada abad ke-9 sebagai pasar dan tempat pemujaan Raja Mataram. Karena kandungan mineral di dalam airnya, mandi air panas di mata air ini akan membantu kulit Anda terlihat dan terasa lebih baik.

 

Wisatawan, termasuk penyelam scuba dan mereka yang ingin menyejukkan diri di perairan hangat kolam terdekat, kini dapat mengunjungi pulau Candi Umbul. Wisata Grabag Kartoharjo yang berlokasi di Jalan Candi Umbul ini memang sayang untuk dilewatkan.

17. Lawang Sewu

20 Tempat Wisata di Jawa Tengah terbaik
Lawang Sewu

Tempat wisata di Jawa Tengah ini tentunya sangat terkenal dan banyak dikunjungi. Lawang Sewu adalah tujuan wisata populer di Jawa Tengah, dan kebanyakan orang akan merekomendasikannya kepada Anda jika Anda bertanya kepada mereka.

Lawang Sewu adalah sebuah bangunan kuno yang melambangkan kepergian Belanda dari daerah ini. Padahal, Lawang Sewu adalah lokasi konstruksi yang awalnya digunakan oleh perusahaan transportasi Belanda.

Pada zaman dahulu, markas besar perusahaan dagang Belanda didirikan di Lawang Sewu. Bangunan ini sudah ada sejak tahun 1904 dan memiliki banyak sekali pintu masuk sehingga dikenal dengan nama Lawang Sewu, yang secara harfiah diterjemahkan menjadi “seribu pintu”.

Semakin banyak pasangan yang berencana menikah memilih hotspot wisata ini, yang memiliki lebih dari 1.200 tempat menarik dan 429 lubang pintu, sebagai lokasi foto pre-wedding mereka.

18. Keraton Kasunanan Surakarta

20 Tempat Wisata di Jawa Tengah terbaik
Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta merupakan kompleks candi yang dirancang oleh Sunan Paku Buwono II. Pada tahun 1744, ia mengukir sejarah sebagai orang pertama yang secara terbuka menyerukan pembentukan keraton Kasunan Surakarta.

Ada sebuah keraton di jantung kota Solo, dan sangat layak untuk dikunjungi jika Anda mencari tempat wisata sejarah di wilayah Jawa Tengah. Keraton ini adalah rumah bagi Panggung Sanggabuwana, tempat Susuhunan bertemu Nyai Rara Kidul selama sesi meditasi mereka.

Beberapa candi dari daerah Jawa Tengah, serta sisa-sisa keratin, dapat ditemukan di museum jika Anda senang melihat atau mempelajari artefak sejarah. Ada beberapa aturan yang harus diikuti oleh setiap pengunjung, dan sedikit berbeda dengan yang ada di destinasi wisata lainnya.

19. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu

Populer di kalangan pengunjung Jawa Tengah adalah objek wisata alam Curug Tawangmangu. Air anak sungai ini juga dikenal dengan nama Grojogan Sewu. Terletak sekitar 37 kilometer selatan Solo ke arah timur, di Kabupaten Tawangmangu di Provinsi Karanganyar, di sinilah Anda akan menemukan Curug Grojogan Sewu.

Palung udara khusus ini memiliki latar belakang langit biru yang indah dan udara yang segar dan bersih. Tidak seram karena waterpark ini dekat dengan Gunung Lawu.

Namun berhati-hatilah dan berhati-hatilah saat bermain di sungai Tawangmangu yang dangkal, karena banyak bebatuan besar yang beracun di sana.

20. Museum Arkeologi Sangiran

Museum Arkeologi Sangiran

Museum Arkeologi di Sangiran adalah tujuan besar lainnya di Jawa Tengah yang melestarikan kekayaan sejarah daerah tersebut dan menarik banyak pengunjung. Jika Anda senang belajar tentang masa lalu dan memperluas wawasan Anda, Anda harus mengunjungi museum ini di mana Anda dapat melihat berbagai koleksi yang berkaitan dengan kehidupan manusia prasejarah.

Museum Sangiran adalah salah satu dari sedikit tujuan wisata di Jawa Tengah yang layak masuk dalam bucket list Anda, karena menyimpan koleksi sisa-sisa manusia prasejarah terlengkap di seluruh Asia.

Anda tidak hanya akan menemukan informasi lengkap tentang kehidupan manusia purba di sini, tetapi juga banyak fasilitas yang pasti akan menyenangkan setiap pengunjung.

Destinasi wisata ini menarik karena UNESCO telah resmi mengakui Museum Sangiran di Sragen sebagai situs Warisan Dunia. Nah, tunggu apalagi ayo liburan, hotspot wisata ini adalah yang Anda butuhkan untuk memanfaatkan waktu luang Anda di Jawa Tengah.

Banyak spesies satwa liar yang dapat kalian temukan di Jawa Tengah. Ada juga banyak tempat wisata alam yang indah di Jawa Tengah.yang dapat dinikmati bersama teman atau keluarga. Jika saat ini Anda sedang berada di Jawa , jangan menunda untuk berlibur ke Jawa Tegah

 

Pos terkait