UMKM di Banjarnegara

Sosialisasi UMKM Banjarnegara

Pelaku UMKM di Kecamatan Banjarnegara didorong untuk mengadopsi teknologi digital guna memperluas jangkauan pemasarannya.

Pemerintah dan swasta saat ini sedang melakukan upaya bersama untuk membantu UMKM agar dapat berkembang setelah di goncang, Virus Covid-19.

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng, Ferry Wawan Cahyono, berbicara dalam acara Non-Perda dengan topik “Manfaatkan Digitalisasi, UMKM Lebih Mandiri” yang digelar Senin, 28 Agustus, di Kabupaten Banjarnegara Jawa..

Menurut penuturannya yang dimuat di dprd.jatengprov.go.id, “Dengan bantuan teknologi digital, pasar UMKM menjadi lebih luas, dan aktivitas perdagangan dapat terekam secara akurat.”

Menurut Ferry, jumlah pemilik smartphone dan tablet di Indonesia terus meningkat secara stabil dari waktu ke waktu. Meskipun demikian, sebagian besar masyarakat yang menggunakan bentuk teknologi komunikasi tersebut adalah generasi muda yang termasuk dalam generasi milenium.

Oleh karena itu, generasi milenial saat ini merupakan pasar yang menjanjikan untuk promosi produk UMKM.

Ia mengatakan, “Kami siap membantu UMKM masuk ke sistem digital melalui sosialisasi kelompok dari atas sampai bawah agar pesanan bisa terus meningkat.”

Sementara itu, menurut Apit Purnamasari dari Dinas Indakop Kabupaten Banjarnegara, ekspansi ekonomi digital dan e-commerce di Banjarnegara dalam beberapa tahun terakhir menimbulkan permintaan yang besar terhadap sektor logistik.

Kami menyadari bahwa lingkungan saat ini memaksa kami untuk mempercepat digitalisasi pasar.

Apit memprediksikan bahwa digitalisasi akan memudahkan perusahaan untuk terus berkembang.

Kepala Desa Telagiri di Kecamatan Pagedongan, Indarto, telah angkat bicara mengetahui layanan dan produk digital yang dapat digunakan oleh peserta UMKM.Idealnya, pemerintah di pedesaan memberikan bantuan keuangan pribadi atau kelompok secara bertahap.Selain

itu, kami menyediakan infrastruktur dalam platform terintegrasi untuk menangani semuanya mulai dari pesanan hingga pengiriman hingga pembayaran secara digital.Indarto

berharap ini menjadi sesuatu yang luar biasa bagi “pelaku UMKM di desa-desa dapat dengan mudah beroperasi.”(HS-08)

 

Pos terkait