13 Rukun Shalat dalam Islam: Syarat Sah dan Syarat Wajib Di Lakukan

13 Rukun Shalat dalam Islam

Setiap Muslim harus menyelesaikan 13 rukun sholat harian Islam. Baca 13 ketentuan salat sah dan wajib serta ketentuan salat.

Shalat adalah ketaatan agama wajib untuk semua anggota komunitas Muslim. Akibatnya, sangat penting bagi komunitas Muslim pada umumnya untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang cara berdoa yang benar.

Salah satu hal wajib yang tidak bisa dilewati adalah shalat rukun, yang memastikan bahwa shalat dilakukan dengan benar. Jika salah satu bagian shalat terlupa atau terlewatkan, maka seluruh shalat dianggap tidak sah dan tidak dapat dikarang dengan sujud syahwi.

Apa sebenarnya rukun shalat itu? Shalat rukun adalah rangkaian kata dan perbuatan yang membentuk shalat hakikat. Dengan kata lain, rukun shalat berfungsi sebagai pondasi shala.

Menurut informasi yang dipublikasikan di NU Online, rukun adalah komponen mendasar dari sesuatu, seperti fondasi sebuah bangunan. Komponen shalaah yang dianggap rukuna adalah hal-hal seperti ruku dan sujud. Tidak ada doa yang lengkap atau sah kecuali jika diubah agar sesuai dengan pola yang ditetapkan oleh Nabi Muhammad (SAW) dalam praktiknya sendiri.

Dalam Islam, ada dua jenis sajadah: fi’li dan qauli. Menurut informasi yang diberikan oleh an-nur.ac.id, rukun fi’li adalah rukun yang digunakan pada saat shalaa ala Gerakan. Sedangkan rukun qauli adalah pembacaan rukun dalam shalat berupa ucap.

Rukun Shalat Ada Berapa? ini yang Harus Diketahui Muslim

Di bawah ini adalah 13 tata cara shalat yang harus diketahui dan dipatuhi oleh setiap Muslim yang taat untuk memastikan bahwa shalat mereka sah dan halal.

  1. Niat sholat

Adalah perlu untuk memohon kehendak Tuhan sebelum memulai doa shalaab. Sebuah pikiran bisa terselip di dalam hati seseorang.

  1. Berdiri tegak, bila mampu

Bagi yang mampu, posisi shalat yang benar adalah berdiri dengan tangan terlipat di depan dada, telapak tangan menghadap ke atas, dan mata tertutup. Doa waktu makan (shalat) dapat dilakukan sambil berbaring, yang bermanfaat bagi mereka yang secara fisik tidak dapat berdiri sendiri karena alasan agama. Jika Anda sudah tidak bisa berbaring, Anda bisa melakukannya dengan cara lama.

  1. Takbiratul Ikhram

Membaca takbir pembuka doa Islam, “Allahu Akbar,” adalah cara yang umum untuk memulai doa. Seseorang yang telah membaca takbiratul ikhram telah memasuki ritual pengorbanan dan karena itu dilarang melakukan kegiatan ekstra-korban.

  1. Membaca surat Al Fatihah

Setelah itu, Anda wajib membaca ayat pembuka Surat Al Fatihah yang diawali dengan kata “subhanallah” (Tuhan Maha Besar). Ada sejumlah aliran pemikiran yang berbeda ketika datang ke studi bahasa Arab. Membaca Al-Qur’an menurut Imam Malik tidak wajib, tetapi menurut Imam Ahmad sebaiknya Al-Qur’an dibacakan dengan suara lantang. Sebaliknya, Imam Syafi’i berpendapat bahwa Al-Qur’an harus dibacakan dengan suara keras.

  1. Ruku’ dan tuma’ninah

Raku dengan cara mengecilkan atau membungkukkan badan dan membaca ruku. Seharusnya tidak ada keributan atau kegugupan selama ruku.

  1. I’tidal dan tuma’ninah

Doa I’tidal, diucapkan dengan tenang dan tanpa gembar-gembor, konon bisa mengusir roh jahat dari rumah seseorang.

  1. Sujud dan tuma’ninah

Lakukan ritual dengan tenang dan tenteram; dilarang berdebat saat sujud.

  1. Duduk diantara dua sujud dan tuma’ninah

Berbuka puasa, atau berbaring di antara dua bantal, dengan tenang dan tanpa keributan.

  1. Duduk tasyyahud akhir

saat ini sedang membaca bacaan terakhir shalat tasyahud.

  1. Membaca shalawat Nabi pada tasyahud terakhir
  2. Membaca salam
  3. Niat meninggalkan shalat
  4. Tertib.

Syarat-Syarat Salat yang Sah

Ada beberapa syarat sah shalat yang harus Anda ketahui. Di bawah ini adalah penjelasannya:

  • Suci dari hadats besar dan kecil
  • Kesucian dari kenajisan adalah pakaian, badan, dan tempat yang baik
  • Shalat wajib menutup aurat
  • Shalat harus menghadap kiblat
  • Lakukan shalat saat masuk waktu untuk shalat
  • Paham dan tahu rukun-rukun shalat
  • Tidak beriman di antara rukun shalat adalah sunnah
  • Jauhi hal-hal yang membatalkan shalat.

Syarat Shalat Wajib

sebuah. Muslim

Setiap hari, umat Islam yang taat wajib shalat lima waktu.

  1. bernilai

Seorang penjahat yang dihukum diharuskan untuk berdoa lima kali sehari.

Secara umum, seorang Muslim dianggap dewasa setelah dia mencapai usia sekitar 15 tahun dalam kalender Islam (hijrah). Dimungkinkan juga untuk memanggil balig jika si pemimpi mengalami mimpi buruk yang berulang tentang kapal yang tenggelam atau ditabrak kapal.

  1. Wajar

Setiap orang, baik beragama maupun tidak, wajib melaksanakan shalat lima waktu.

  1. Suci dari haid dan nifas

Wanita yang haid atau nifas tidak diwajibkan shalat, dan tidak ada qodho bagi wanita tersebut untuk shalat.

  1. Sehat panca indra

Shalat wajib bagi orang yang sehat jasmani dan rohani serta memiliki iman yang kuat. Jika sebelumnya wajib, tidak lagi bagi mereka yang buta dan tuli. Meskipun bisa berbicara dan tidak ada qodho untuknya ketika terpisah dari kertas atau lapar,

Nah itulah 13 sholat beserta syarat sah sholat dan wajib sholatnya. Semoga membantu.

 

Pos terkait